May 8, 2021 By merrittwalkofstars.com 0

Menyetel Drum Anda

Menyetel drum set Anda adalah salah satu aktivitas perawatan terpenting sebagai seorang drummer. Bahkan sebelum drummer mulai bermain atau merekam, dia harus memastikan bahwa drum disetel dengan baik dan siap menghasilkan suara yang bagus. Kit drum umum terdiri dari bass drum, simbal, snare, hi-hats, dan tom.

Jadi saat menyetel drum Anda, Anda bisa mulai dengan menyetel drum snare.

Setel bagian atas di bagian paling awal. Putar setiap lug searah jarum jam untuk meningkatkan ketegangan kepala dan untuk meningkatkan pitch drum. Anda juga dapat menyetel satu lug lalu menyetel lug pada sisi yang berlawanan, sebaiknya sejauh 180 derajat. Drum pasti akan berbunyi lebih baik jika Anda tidak menyetel lug ini dalam urutan melingkar. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menyetelnya terlalu tinggi, karena kepala cenderung mudah patah.

Saat menyetel drum set, uji pitch masing-masing lug saat diselesaikan dengan memainkan ringan sekitar satu inci dari lug dengan stik drum. Juga, pastikan saat menyetel set drum Anda bahwa semua lug memiliki pitch yang sama. Pada titik ini drum Anda harus disetel.

Langkah selanjutnya dalam menyetel drum Anda adalah dengan menyetel tom.

Anda bisa mulai dengan menyetel bagian bawah tiap tom-tom. Anda kemudian dapat menggunakan urutan penyetelan yang sama dengan teknik snare untuk menyetel setiap lug dan kebalikannya. Setelah penyetelan bagian bawah pindah ke kepala. Kepala adalah tempat pitch berada. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki ide tentang promosi yang Anda inginkan. Setel dengan nada yang Anda inginkan.

Setelah Anda mendapatkan nada yang tepat, periksa setiap nada lug agar cocok dengan yang lain dengan cara yang sama seperti snare drum.

Setelah menyetem tom Anda, langkah selanjutnya dalam menyetem set drum Anda adalah drum bass.

Mulailah dengan menyetel kepala pada awalnya. Dianjurkan untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menyetel, karena head tidak terlalu berdampak pada suara drum. Setelah Anda menghabiskan waktu menyetel kepala, Anda dapat mulai menyetel lug kepala belakang dengan cara yang sama seperti Anda menyetel tom dan jerat. Anda harus memastikan drum Anda disetel tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Suara drum bass sangat bergantung pada gaya musik yang Anda mainkan dan seberapa besar pengaruh drum terhadap grup tempat Anda bermain.

Saat menyetem drum Anda, Anda harus membayangkan nada yang ingin Anda dengar terlebih dahulu, kemudian penting bagi Anda untuk menemukan cara men-tweak nada yang tepat dari masing-masing drum. Saat menyetel drum Anda, perhatikan baik-baik snare drum Anda dan cobalah untuk memutuskan dengan tepat faktor apa yang paling memengaruhi kualitas tonal.

Perhatikan sekrup berkepala persegi di sekitar tepi atas dan bawah drum. Mereka dikenal sebagai batang penegang atau sekrup penegang. Mereka memasang sekrup ke lugs, yang biasanya dipasang secara permanen di sisi cangkang drum. Anda dapat mengencangkan atau melonggarkan sekrup ini dengan alat yang disebut kunci drum.

Kunci drum dapat dibeli di toko musik mana pun dengan termurah yang menjual alat drumband. Penyetelan sekrup penegang dengan kunci drum akan mempengaruhi tegangan pada kepala drum, yang akan menaikkan atau menurunkan nada drum.

Namun, menyetel drum Anda lebih bergantung pada telinga dan nada yang Anda inginkan.