March 30, 2021 By merrittwalkofstars.com 0

Kalsium, Vitamin D & Pencahayaan Khusus

Vitamin D Toxicity in Birds | PetMD

Pentingnya Kalsium

Saya menduga kita semua tahu bahwa kalsium merupakan mineral penting, meski kebanyakan tidak memahami sifat luas fungsinya dalam tubuh. Ya, kalsium penting untuk menumbuhkan tulang yang kuat tetapi kalsium juga memiliki banyak fungsi lain, banyak di antaranya terlalu rumit untuk saya pahami sepenuhnya dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. 

Namun, saya akan menjelaskan dengan kemampuan terbaik saya. Selain itu, berkat penelitian ekstensif, saya yakin pengetahuan saya akurat, meskipun sangat dangkal dibandingkan dengan pakar NYATA. Sebagian besar dari kita pernah mendengar tentang wanita lanjut usia yang mengonsumsi suplemen kalsium untuk mencegah osteoporosis (kondisi yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan peningkatan kerapuhan). Banyak dari kita mengenal wanita tua yang memiliki tulang rapuh yang mudah patah (patologis ) jika terjatuh. Kondisi ini juga ada di Parrots. Misalnya, Budgie yang mengalami osteoporosis parah dapat melompat dari tempat paling rendah ke lantai kandang (dengan jarak mungkin satu sentimeter) dan mematahkan kedua kakinya karena benturan.

Baby Parrots dengan kalsium yang tidak mencukupi akan mengembangkan rakhitis dengan kelainan bentuk tulang yang menyakitkan, seperti halnya anak-anak malnutrisi di negara-negara Dunia Ketiga yang miskin.

Burung betina membutuhkan kalsium yang dapat digunakan untuk membuat kulit telur yang tepat, dan mereka dapat mengalami masalah yang sangat mengancam nyawa jika mereka terus bertelur saat kekurangan gizi. Situasi seperti itu pasti akan mengakibatkan osteoporosis dengan patah tulang patologis, tentunya.

Tetapi yang lebih berbahaya adalah potensi peritonitis telur dan pengikatan telur . Peritonitis telur sering kali merupakan akibat dari ketidakmampuan ayam betina (karena hipokalsemia  atau tingkat kalsium yang tidak mencukupi dalam darah) untuk meletakkan cangkang telur yang tepat di sekitar telur. Hal ini memungkinkan isi telur – protein asing agar-agar – lepas di peritoneum atau lapisan perut. Hal ini dapat menyebabkan peradangan masif (ditandai dengan – itis di akhir kata peritonitis ) yang seringkali mematikan.

Pengikatan telur menunjukkan tugas kalsium lainnya – yaitu membantu fungsi sistem saraf yang tepat. Dengan kadar kalsium darah rendah atauhipokalsemia , respons saraf di otot tidak cukup kuat untuk memungkinkan ayam benar-benar mendorong keluar telur … jadi dia tidak bisa mengeluarkannya dan telur itu tetap menempel di dalam dirinya. (Catatan: Hipokalsemia hanya salah satu penyebab pengikatan telur, tapi itulah topik artikel ini jadi saya berpegang teguh padanya.)

Reaksi sistem saraf lain terhadap hipokalsemia adalah kejang. Ingat masalah yang berpotensi fatal dengan ibu menyusui yang disebut “Demam Susu” atau eklamsia ? Demam susu merupakan manifestasi lain dari hipokalsemia. Anjing yang malnutrisi menghabiskan suplai kalsiumnya saat memproduksi susu untuk kotorannya, dan akibatnya bisa berupa reaksi sistem saraf yang ditandai dengan gaya berjalan anjing yang kaku, kedutan dan kegugupan, serta kejang.

Salah satu spesies Parrot terkenal kejang akibat kadar kalsium yang sangat rendah: African Grey Parrot. (Hal ini tampaknya juga terjadi pada burung pemangsa [burung pemangsa], tetapi kita tidak akan membahasnya.) Meskipun asal mula sebenarnya dari sindrom ini masih menjadi sumber diskusi hangat di antara para ilmuwan, pengobatannya adalah kalsium dan berhasil.

Diet & Rasio Kalsium terhadap Fosfor

Kalsium dan fosfor adalah dua mineral yang bekerja bersama dalam tubuh hewan untuk membantu menjaga homeostasis – keadaan keseimbangan atau keseimbangan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan.

Untuk menjaga kesehatan yang baik, rasio kalsium terhadap fosfor harus berada dalam kisaran 1,5 : 1 hingga 2 : 1.

Ini berarti Beo membutuhkan sekitar 1½-2 kali lebih banyak kalsium untuk fosfor dalam makanannya. Jadi jika Burung beo memakan sesuatu yang tinggi fosfor – seperti biji, misalnya, atau beberapa dari kacang / jagung / nasi yang dimasak ini dijual untuk burung peliharaan, maka Anda perlu menangkal asupan fosfor yang tinggi dengan meminta teman berbulu Anda untuk mengkonsumsi 1½ – 2 kali lebih banyak makanan kaya kalsium seperti kangkung, dandelion, sawi, dan brokoli.

Kalsium dan Fosfor + Vitamin D 3

Nah, itulah pentingnya kalsium dan fosfor. Apa hubungannya Vitamin D dengan itu? Vitamin D mengatur penyerapan kalsium dari usus. Jadi memberi makan makanan tinggi kalsium saja tidak cukup. Jika vitamin D dalam bentuk yang tepat tidak mencukupi (akan dibahas lebih lanjut nanti), saluran pencernaan hewan (saluran pencernaan atau usus) tidak dapat menyerapnya dengan baik. Oleh karena itu, semua kalsium yang indah itu keluar dari sisi lain hewan tanpa dimanfaatkan dengan benar. Selain itu juga asupan vitamin sangat penting seperti optimaxx meningkatkan daya tahan tubuh dan anti stress.

Tetapi burung (dan reptil juga) membutuhkan bentuk vitamin D tertentu yang tidak ditemukan dalam sayuran atau buah mana pun di planet ini. Bentuk Vitamin D yang mereka butuhkan adalah Vitamin 3.

Dan menurut Richie, Harrison dan Harrison (Avian Medicine: Principles and Application), “Inadequate Vitamin D 3kadar dalam tubuh dapat menyebabkan gejala kekurangan kalsium dalam pola makan yang sebaliknya mencukupi kalsium. “

Sumber Vitamin D 3 sederhana: sinar matahari tanpa filter , pencahayaan khusus, suplemen vitamin unggas, dan pola makan yang diformulasikan untuk burung. Saya berasumsi Anda sudah memahami pentingnya suplementasi vitamin (dan mineral) unggas yang tepat ATAU konsumsi makanan yang diformulasikan dengan baik untuk Burung Beo, jadi mari kita bahas tentang pencahayaan selanjutnya.

Ngomong-ngomong, huruf besar dan garis bawah “ ATAU ” itu karena dokter hewan unggas yang berpengalaman umumnya tidak merekomendasikan penggunaan suplemen dengan burung yang mengkonsumsi volume yang cukup dari makanan yang diformulasikan dengan baik untuk burung beo.

Jika burung beo mengonsumsi makanan yang diformulasikan dengan baik DAN Anda memberi makan suplemen, Anda berisiko membuat burung memberi dosis berlebihan. Vitamin dan mineral TIDAK termasuk dalam kategori sedikit itu baik jadi banyak itu lebih baik . Memang, suplementasi yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa masalah yang sangat mengerikan dan terkadang fatal, seperti kalsifikasi pada ginjal dan pembentukan tulang yang berlebihan. Jadi jangan lakukan itu!

Namun, setelah berbicara dengan dokter hewan, dan Anda merasa Parrot Anda membutuhkan kalsium dan Vitamin D3.

Pencahayaan Khusus

Sebelum saya membahas ini, saya ingin menyatakan bahwa, berkat penelitian ekstensif tentang pencahayaan, saya menjadi lebih bingung daripada sebelumnya. Topik pencahayaan khusus sangatlah rumit dan ada banyak ketidaksepakatan tentang mana yang benar dan mana yang tidak. Banyak informasi yang bersifat anekdot dan bukan ilmiah, dan itu semakin memperkeruh air.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu sumber Vitamin D 3   adalah pencahayaan khusus tanpa filter yang menghasilkan sinar ultraviolet. Namun, beberapa hal perlu dipahami tentang subjek ini dan hal ini bisa menjadi sangat rumit.

Pertama, apa yang disebut cahaya “spektrum penuh” tidak selalu menghasilkan sinar ultraviolet. “Spektrum penuh ‘bukanlah istilah ilmiah, ini adalah istilah pemasaran; karenanya, pabrikan dapat mendefinisikannya sesuka mereka. Di sisi lain, “ultraviolet” (UV) adalah istilah ilmiah. Jadi sinar UV menghasilkan seluruh spektrum sinar cahaya, tetapi sinar berspektrum penuh mungkin tidak menghasilkan sinar UV. Jadi periksa labelnya dan hanya beli lampu yang menentukan itu menghasilkan sinar UV.

Ada dua bentuk sinar ultraviolet (UV), bergantung pada panjang gelombangnya. Muncul dalam UVA dan UVB dan Parrot Anda sebagian besar membutuhkan UVB. Jadi periksa juga labelnya.

Kedua, konsep “tanpa filter” juga penting. Sinar UV tidak dapat menembus benda padat seperti plastik atau kaca (kecuali dalam kasus akrilik yang diproduksi khusus yang harganya sangat mahal).

Jadi burung beo Anda tidak mendapat manfaat dari duduk di dekat jendela pada hari yang cerah. Alih-alih, untuk mendapatkan manfaat dari cahaya spektrum penuh seperti yang dibuat oleh alam, burung harus berada di luar ruangan di bawah sinar matahari. Mereka tidak boleh berada dalam wadah akrilik. Sebaliknya, mereka harus berada di kandang kawat atau kandang burung, atau mengenakan tali kekang agar mereka tidak melarikan diri secara tidak sengaja. Tetapi banyak dari kita tidak tinggal di iklim yang memungkinkan berada di luar ruangan sepanjang tahun, jadi pencahayaan dalam ruangan diperlukan.

Selain itu, cahaya berspektrum penuh harus berada dalam jarak yang relatif kecil dari burung, dengan sebagian besar memerlukan jarak maksimum sekitar 45 cm (18 inci). Dan untuk alasan yang jelas, bohlam dan perlengkapannya HARUS diamankan sedemikian rupa sehingga Burung Beo tidak dapat menjangkau perlengkapan atau kabel.

Lampu UV juga perlu sering diganti – setiap 6-12 bulan. Ini karena mereka mulai kehilangan panjang gelombang di kedua ujung spektrum sehingga mereka kehilangan keefektifannya. Mereka masih menghasilkan cahaya, sehingga Anda dapat menggunakannya di tempat lain di rumah Anda, tetapi tidak lagi berfungsi dengan baik untuk Burung Beo Anda. Ini benar-benar penghancur hati karena lampu UV bisa sangat mahal.

Pencahayaan khusus ini hanya perlu diberikan pada burung kemungkinan maksimal dua-empat jam setiap hari. Paparan berlebihan ternyata dapat menyebabkan kerusakan seperti katarak, seperti halnya pada manusia. Oleh karena itu, akan berguna untuk menyalakan lampu ini pada pengatur waktu jika Anda akan pergi sepanjang hari.

Terakhir, tidak semua lampu UV dibuat sama. Jadi periksa dengan cermat label produk di toko atau bicarakan langsung dengan perusahaan. Yang terpenting, tanyakan kepada dokter hewan unggas Anda yang berpengalaman untuk mendapatkan rekomendasi khusus. 

Faktor Psikologis

Ilmu pengetahuan sekarang mengetahui bahwa banyak (kebanyakan?) Spesies burung, reptil dan serangga dapat melihat ke dalam spektrum ultraviolet, dan itu termasuk Burung Beo kita. Jadi Burung beo bisa melihat warna yang bahkan tidak bisa kita bayangkan.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa penglihatan UV memungkinkan Burung Beo untuk MELIHAT warna bulu yang mengidentifikasi jenis kelamin Burung Beo dalam apa yang kita anggap manusia sebagai monomorfik., tanpa perbedaan warna antara pria dan wanita. (Tak perlu dikatakan, bahkan untuk mata manusia yang terbatas, spesies seperti Eclectus Parrot adalah dimorfik , yang berarti jantan dan betina tidak mirip.
Tetapi ada masalah lain yang sangat penting, sejauh yang saya ketahui. Jika Burung Beo dapat melihat ke dalam spektrum ultraviolet, apakah menerangi dunia mereka dengan bola lampu biasa berarti dunia terlihat datar dan tidak berwarna? Mungkin tidak sepenuhnya, tetapi masuk akal bagi saya bahwa hal itu pasti menyebabkan semacam perubahan visual atau peredam bagi mereka. Jadi memberikan pencahayaan UV kemungkinan besar akan mencerahkan dan mewarnai dunia mereka dengan cara yang bahkan tidak dapat kita bayangkan