May 6, 2021 By merrittwalkofstars.com 0

Chromebook Mendominasi Pasar PC, Tablet & Netbook Dalam Pertumbuhan

Penggunaan Chromebook sedang meningkat dan gadget mengalahkan pasar PC tradisional secara spektakuler dalam prosesnya. Itu berdasarkan laporan terbaru dari Canalys yang menampilkan angka kuartal pertama 2021 dan tren pasar dari 2019.

Secara keseluruhan, pasar PC menyusut tidak kurang dari 4 persen dari tahun ke tahun dibandingkan dengan pasar Chromebook, dalam hal pengiriman perangkat. Segmen terakhir itu tumbuh, sebaliknya, sekitar 275 persen. Angka-angka tersebut juga sangat kontras dengan kategori komputer lainnya. Pengiriman netbook naik 62 persen tahun ke tahun. Itu dibandingkan dengan tablet, naik 52 persen untuk periode yang sama.

Hasilnya menunjukkan kurva yang stabil selama periode dua tahun, untuk sebagian besar juga. Tetapi pandemi, yang dimulai pada akhir 2019 dan resmi pada awal 2020 tampaknya berdampak besar pada penjualan. Khususnya untuk Chromebook. Gadget tersebut mulai naik pada Q4 2019 dan kenaikan itu terus berlanjut hingga Q4 2020.

Siapa yang paling diuntungkan dari kebangkitan pasar Chromebook?

Pengaturan Selain kategori PC, netbook, dan tablet, dalam hal vendor di pasar Chromebook, perpecahannya juga tidak persis sama. Seperti yang ditunjukkan oleh laporan analisis lain, HP, Lenovo, Acer, Samsung, dan Dell memimpin pertumbuhan. Laporan lain itu, pada kenyataannya, menempatkan HP di depan untuk kuartal ini juga. Itu dengan lebih dari 4,4 juta pengiriman dan 33,5 persen pasar – pertumbuhan 633,9 persen.

Samsung tumbuh, menurut laporan sebelumnya , sebesar 496 persen tahun ke tahun.

Dari Canalys, pertumbuhannya serupa. HP mengambil posisi teratas dengan pertumbuhan 633,7 persen dan Lenovo – lima perusahaan teratas lainnya dalam laporan lainnya – menempati posisi kedua. Ini mengirimkan 3,1 juta unit, menurut Canalys. Canalys juga menempatkan pembuat Chromebook teratas Samsung, Acer, dan Dell di lima besar untuk analisis pasarnya. Masing-masing mengapalkan lebih dari 1 juta unit.

Apa tren keseluruhan di sini?

Terlepas dari laporan mana yang dipertimbangkan di sini, PC jelas mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Netbook dan tablet juga terus berkembang, tetapi Chromebook tampaknya muncul sebagai kekuatan dominan. Setidaknya dalam hal pertumbuhan, dan setidaknya selama pandemi, Chrome OS memimpin paket.

Jika Anda mencari berita seputar teknologi,  silahkan kunjungi website Berita Terkini Teknologi