January 15, 2022 By merrittwalkofstars.com 0

Akord Jazz Pada Gitar

Hal pertama yang pertama: jazz tidak mudah. Faktanya, jazz sejauh ini memiliki fondasi harmonik yang paling kompleks dari semua format musik populer selama 100 tahun terakhir. Anda tidak akan belajar jazz dalam satu minggu. Jika Anda mencoba untuk “mendapatkan” semuanya sekaligus, Anda akan langsung menabrak dinding bata. Artikel ini akan fokus pada harmoni dan akord, karena itulah dasar dari jazz.

Jazz terkadang menggunakan harmoni modal atau quartal, atau bahkan kelompok nada yang sulit didefinisikan secara tepat dalam https://chordtela.cc hal harmoni fungsional. Tapi kita akan fokus pada dasar harmonik utama: harmoni tersier. Harmoni tersier adalah akord yang dibangun di atas sepertiga: 1,3,5,7,9,11,13. Sebagai siswa gitar jazz yang giat, Anda akan ingin membangun perpustakaan akord Anda secara berpasangan. Sama seperti Bahtera Nuh. Anda ingin mempelajari cara memainkan setiap jenis akord harmoni tersier dengan dua cara yang berbeda. Jadi misalnya, Anda harus belajar memainkan akord minor-7 dengan dua cara yang berbeda, akord mayor-7 dengan dua cara yang berbeda, dll. Bukan satu cara, bukan lima cara- dua cara. Jika Anda dapat memainkan setiap akor dengan dua cara yang berbeda, Anda akan dapat menghubungkan setiap akor dengan mulus. Jika Anda hanya tahu satu cara memainkan akord, Anda kadang-kadang akan dipaksa untuk melompat liar di leher untuk beralih dari akord ke akord. Anda ingin lompatan seperti itu menjadi pilihan artistik Anda, bukan keharusan.

Jadi mengapa tidak lima cara yang berbeda? Karena itu membawa beban kerja latihan Anda ke tempat yang tidak masuk akal dan tidak efisien. Cara berbeda ke-4 untuk memainkan akord minor 7 sederhana sama pentingnya dengan belajar memainkan akord minor-7-flat-5 pertama Anda. Yang membawa kita ke topik berikutnya:

Anda ingin membangun akord secara progresif dari waktu ke waktu. Mulailah dengan akord ke-7: pelajari dua cara memainkan akord 7 minor, dua cara memainkan akord ke-7 dominan, dua cara memainkan akord minor 7-flat 5, dll. Kemudian pelajari dua cara memainkan akord ke-9: dominan ke-9 , mayor 9, minor-7-flat sembilan, minor 9, dll. Kemudian pelajari akord ke-11 dan 13 Anda. Kemudian Anda siap untuk bercabang ke topik lain seperti akord ke-6, suspensi, dan kuartal. Jika memungkinkan, pilihlah untuk mempelajari akord “bergerak”. Ini adalah akord di mana setiap nada yang dimainkan adalah nada resah. Anda mendapatkan lebih banyak “jarak tempuh” dengan akord ini karena Anda dapat memindahkannya ke berbagai tempat di leher gitar. Dengan voicing open-string, Anda dibatasi untuk memainkan akord di satu tempat.

Seperti yang Anda lihat, “tugas rumah” Anda menjadi agak panjang bahkan dengan hanya mempelajari dua suara untuk setiap akord. Terkadang orang akan mengatakan “pelajari setiap akord di mana-mana”. Orang-orang ini sangat murah hati dengan waktu Anda! Semua yang dilakukan orang-orang ini adalah memberi Anda tumpukan pekerjaan rumah. Program yang baru saja saya uraikan untuk Anda bersifat praktis dan ketat. Ini akan memakan waktu bagi Anda untuk mempelajari akord Anda, jadi mulailah segera. Selamat bermain jazz!